Teks Khutbah Jumat Singkat

Sikap Seorang Muslim dalam

Menghadapi Musibah

Ustadz Sadmonodadi

Khutbah Awal

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَـلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِه وَأَصْحَابِه أَجْمَعِيْنَ، وَبَعْدُ ؛ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ.

Jama’ah Jum'at Rahimakumullah.

Mari kita panjatkan rasa syukur dan pengagungan kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Allah senantiasa menurunkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga kita masih bisa melaksanakan ibadah sholat Jum'at siang ini. Mari kita mohonkan kepada Allah subhanahu wa ta'ala semoga keselamatan dan kesejahteraan senantiasa dicurahkan kepada Nabi Muhammad shallallahi 'alaihi wassalam, kepada keluarga beliau, kepada para sahabat dan semoga juga terlimpah untuk kita semua.

Jama'ah jum'at rahimakumullah !

Menjelang akhir tahun 2022 kita  sering mendengar bencana alam melanda berbagai wilayah Indonesia. Mulai dari tanah laongsor, banjir bandang, putting beliung, gempa bumi dan juga erupsi gunung.

Tanggal 21 Nopember lalu terjadi gempa bumi bermagnitudo 5,6 mengguncang  Cianjur, Jawa Barat. Gempa ini diduga karena aktivitas patahan Cimandiri. Jumlah korban meninggal dunia  334 jiwa jumlah korban gempa yang mengalami luka berat mencapai 593 orang. Jumlah pengungsi saat ini mencapai 114.683 jiwa yang berasal dari 41.166 Kepala Keluarga.

Belum lagi akibat gempa Cianjur tertangani dengan baik, Sabtu 2 Desember 2022  gempa mengguncang Kabupaten Garut. Gempa berkekuatan 6,4 magnitudo itu berdampak pada kerusakan rumah warga dan 1 korban luka. Kemudian menyusul Semeru erupsi  pada Minggu (4/12). Sebanyak 2.219 warga di sekitar Gunung Semeru mengungsi menuju tempat aman.Tidak hanya itu terpantau banyak rumah warga rata dengan tanah akibat diterjang banjir lahar dingin.  Terakhir Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melaporkan telah terjadi gempa magnitudo 6,2 berlokasi di 284 km barat daya Jember, Jawa Timur pada Selasa 6 Desember pukul 13.07 WIB dengan kedalaman gempa 10 kilometer.  Tidak terdapat laporan akan adanya korban pada kejadian ini.

Kaum muslimin rahimakumullah!

Rentetan bencana ini tentu memunculkan kekhawatiran banyak orang akan datangnya bencana baru.  Ketakutan akan datangnya gempa baru juga diperburuk dengan munculnya berita-berita bahwa gempa Cianjur memicu gerakan sesar lain di sekitar wilayah Cianjur.  Akan lebih  mengerikan lagi adalah  jika  gempa Cianjur memicu gerakan  Megathrust.  Megathrust atau jalur pertemuan dua lempeng tektonik di selatan Jawa disebut menyimpan potensi gempa hingga magnitudo 9,1.

Kaum muslimin rahimakumullah!

Kekhawatiran ini tentu bisa dimaklumi karena manusia tidak pernah tahu apa yang akar terjadi. Bahkan terkait dengan gempa, ilmu pengetahuan belum bisa mendeteksi kapan dan dimana terjadiny. Tetapi tentu saja kekhawatiran itu tidak boleh berlebihan. Karena kehawatiran yang berlebihan  itu bisa menyebabkan penderitaan baru bahkan sebelum yang dikhawatirkan itu benar-benar terjadi.

Jama'ah rahimakumullah!

Ada beberapa sikap yang diajarkan agama agar bisa menghindarkan kecemasan dan mengurangi derita dan dalam waktu bersamaan justru menghadirkan pahala yang berlimpah-limpah. Petunjuk agama dalam menyikapi  musibah adalah :

Pertama, mengimani dan ridho atas qadar (ketentuan) Allah.

Setiap orang beriman wajib yakin bahwa musibah itu ketentuan Allah; dan mukmin wajib ridha  atas taqdir Allah.  Sikap ini menjadikan manusia lebih mudah menghadapi mushibah dan menjauhkan dari kecemasan dan kesedihan yang berlebihan.  Allah berfirman :

إِنَّ عِظَمَ الۡجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الۡبَلَاءِ، وَإِنَّ اللهَ إِذَا أَحَبَّ قَوۡمًا ابۡتَلَاهُمۡ، فَمَنۡ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا، وَمَنۡ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ

Sesungguhnya besarnya balasan sesuai dengan besarnya cobaan. Dan sungguh jika Allah mencintai suatu kaum, maka dia akan memberi cobaan kepada mereka. Sehingga barangsiapa ridha, maka dia akan mendapatkan keridhaan Allah. Dan barangsiapa marah, maka dia pun akan memperoleh kemurkaan Allah.” (HR Tirmidzi)

Kaum muslimin rahimakumullah!

Kedua, dalam menghadapi musibah, seorang mulsim harus sabar

Sabar, menurut Imam Suyuthi dalam Tafsir al-Jalalain, adalah menahan diri terhadap apa-apa yg dibenci (al-habsu li an-nafsi ‘alaa maa takrahu). Sikap inilah yg wajib kita miliki saat kita menghadapi musibah. Selain itu, disunnahkan ketika terjadi musibah  kita mengucapkan kalimat istirja’ (Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun). Allah SWT berfirman

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ  اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

 “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yg sabar. orang-orang yg apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: ‘Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.’” (QS al-Baqarah [2] : 155-156)

Jama'ah Jum'at rahimakumullah!

Sikap menghadapi musibah yang ketiga adalah mencari hikmah di balik musibah

Tidak ada suuatu ketetapan dari Allah yang akan mencelakakan hamba-Nya. Allah itu sangatlah besar kasih dan sayang-Nya kepada manusia. Kalaulah Allah memberikan musibah kepada manusia tentu Allah menghendaki kebaikan di balik  penderitaan itu.

Ketika musibah datang bisa jadi Allah sedang mengingatkan hamba-Nya yang sedang menempuh jalan menyimpang untuk kembali ke pelukan-Nya. Bisa jadi musibah itu merupakan jalan yang dipilih Allah untuk mengampuni dosa-dosa.

مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلَا وَصَبٍ وَلَا هَمٍّ وَلَا حُزْنٍ وَلَا أَذًى وَلَا غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا إِلَّا كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ

Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, atau penyakit, atau kehawatiran, atau kesedihan, atau gangguan, bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya.” .” (HR Bukhari dan Muslim).

Kaum muslimin rahimakumullah!

Demikianlah khutbah siang ini, semoga Allah menjauhkan kita dari musibah dan penderitaan. Kalaulah Allah menghendaki msibah menimpa kita, kita berharap semua itu mendatangkan rahmat Allah kepada kita semua. 

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ، وَادْعُوْهُ يَسْتَجِبْ لَكُمْ.

Khutbah 2

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.

 قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

 اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ. اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرِنَا الْبَاطِلَ باَطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. وَأَقِمِ الصَّلاَةَ.


Untuk membaca atau mencetak file khutbah jumat singkat bahasa Indonesia ini dalam bentuk PDF silahkan download melalui tautan berikut ini :


DOWNLOAD

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama