Teks Khutbah Jumat Singkat

Hikmah Puasa Ramadhan

Ustadz Mudiyono

 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

إِنَّ الْحَمْدَ لله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بالله مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ الله فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إلهَ إلا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ .اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَلآَهُ. أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَ اللَّهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

 Jamaah Jumat Rahimakumullah

Puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata'ala atas  nikmat dan Karunia-Nya kepada kita , Shalawat salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, Selanjutnya khotib berwasiat, marilah kita tingkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Allah Subhanahu Wata'ala dengan menjalankan perintah-perintah-Nya serta mejahui larangan-larangan-Nya.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Bulan Ramadhan, adalah bulan yang penuh dengan Barokah dan pahala yang berlipat,  semangat Ramadhan sudah terlihat dengan adanya berbagai peningkatan aktivitas Ibadah di Masjid, adanya Tabligh Akbar, Spanduk Tarhib Ramadhan yang terpasang di sana sini. Syariat Puasa Ramadhan diwajibkan satu setengah tahun setelah Hijrah, ketika Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam baru diperintahkan mengalihkan Qiblat dari Masjidil Aqsho ke Masjidil Haram. Shoum secara Etimologi bermakna menahan diri dari sesuatu, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Menurut definisi Ahli Fiqh, Shoum berarti menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Perintah Puasa terdapat dalam Al-qur’an Surat Al-Baqoroh ayat 183 :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

 Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. (QS Al Baqarah: 183).

Firman Allah Subhanahu Wata'ala :

اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

“Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu adalah yang paling bertaqwa.”

(QS Al Hujurat: 13).

Predikat taqwa ini tidak mudah untuk diperoleh. Ia baru akan diperoleh manakala seseorang melakukan persiapan yang matang, dan mengisi bulan Ramadhan itu dengan berbagai Ibadah, amaliah yang benar sesuai Al-Qur’an dan Sunnah. Persiapan yang sudah kita lakukan sebelum Ramadhan meliputi : Persiapan ruh keimanan, persiapan fisik, persiapan harta untuk memperbanyak shodaqoh dan infaq, dan persiapan ilmu tentang Shoum dan Ibadah Ramadhan sudah jauh hari  kita siapkan sejak bulan Rajab dan Sya’ban.

 Jamaah Jumat Rahimakumullah

Diantara Hikmah dari Shoum Ramadhan  adalah : Pertama menghapus dosa-dosa kecil, Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam,:
 وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ . رواه مسلم ….

Artinya: "…… Ramadan ke Ramadan (berikutnya) menghapus dosa-dosa di antara mereka selama menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim). Kedua melatih Muroqobah, artinya suatu kondisi jiwa yang selalu merasa ditatap, dilihat, dan diawasi oleh Allah Subhanahu Wata'ala, ketika shoum, jika belum tiba waktunya berbuka, kita tidak berani makan dan minum walaupun tidak ada seorangpun yang melihat kita. Ketiga Melatih kepekaan Sosial, Shoum bisa menjadi ajang melatih kepekaan sosial, sebab dalam waktu tertentu  (sejak terbit fajar hingga terbenam matahari) kita merasakan lapar. Dengan begitu kitapun dapat merasakan apa yang dialami saudara-saudara kita yang kurang mampu. kemudian ke Empat menyehatkan badan, Para Ahli kesehatan menyebutkan bahwa usus manusia hingga organ-organ yang terkait dengannya dalam tempo tertentu perlu dikurangi beban kerjanya. Shoum merupakan sarana untuk mengurangi beban kerja organ-organ tersebut. Sungguh benar apa yang disabdakan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam,:”…Berpuasalah kamu, maka kamu akan sehat.”

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Diantara Amaliah yang kita kerjakan di Bulan Ramadhan antara lain  : Pertama Meningkatkan kedermawanan, Sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam:”Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, dan lebih dermawan lagi pada bulan Ramadhan” (HR. Bukhori). Kedua Tadarus Al-Qur’an, ketiga I’tikaf, dan keempat memperbanyak Majelis Ilmu atau kajian Islam serta Ibadah-Ibadah lain yang dituntunkan dalam Islam.

 

Demikian khutbah ini kami sampaikan, mudah-mudahan kita bisa mengisi Ramadhan dengan amalan-amalan yang sesuai dengan Tuntunan Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam,  dan bisa meraih predikat Taqwa dihadapan Allah Subhanahu Wata'ala,  aamiin.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْم وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْم وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

  Khutbah 2

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ.أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَلآَهُ أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَ اللَّهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 Untuk membaca atau mencetak file khutbah jumat singkat bahasa Indonesia ini dalam bentuk PDF silahkan download melalui tautan berikut ini :


DOWNLOAD  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama