Teks Khutbah Jumat Singkat

Merawat Ibadah Ramadhan

Ustadz  Mudiyono

Khutbah Awal

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

إِنَّ الْحَمْدَ لله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بالله مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ الله فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إلهَ إلا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ .اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَلآَهُ. أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَ اللَّهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Puji dan syukur hanyalah milik Allah Subahanahu wa ta’ala atas pemberian nikmat-Nya kepada kita, sholawat serta salam  semoga senantiasa terlimpahkan kepada Uswah kita Nabi Besar Muahammad Shollallahu ‘Alaihi Wa Salam. Selanjutnya Khotib berwasiat dari mimbar yang mulia ini marilah kita tingkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Allah Subahanahu wa ta’ala.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Sudah separo lebih Ramadhan kita jalani, yang mana secara fisik badan kita juga mengalami penurunan stamina ditandai dengan adanya rasa capek, kantuk yang dirasakan, namun jika kita jalani dengan penuh keimanan maka semua rangkaian Ibadah Ramadhan dapat dilaksanakan dengan istiqomah, khusyuk dan rasa gembira. Ada beberapa kiat supaya stamina ibadah kita senantiasa terjaga diantaranya adalah : Pertama Tadarus Al-Qur’an, Tadarus itu tidak hanya membaca Al-qur’an saja tetapi berusaha mengetahui  arti dan maknanya, lalu berusaha mengamalkan isinya serta mengajarkan kepada orang lain, dengan kata lain mentadaburi Al-Qur’an karena Ramadhan adalah Syahrul Qur’an atau Bulan diturunkannya Al-Qur’an, Firman Allah SWT :

اَفَلَا يَتَدَبَّرُوْنَ الْقُرْاٰنَ اَمْ عَلٰى قُلُوْبٍ اَقْفَالُهَا

Artinya :  Tidakkah mereka merenungkan Al-Qur’an ataukah hati mereka sudah terkunci?

Terlebih Bulan Ramadan yang pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT, sehingga ketika kita meyakini hal tersebut maka akan meningkatkn semangat dalam mentadaburi Al-Qur’an.

Yang kedua memperbanyak doa dan dzikir, Doa adalah permohonan manusai kepada Allah Swt, sedangkan dzikir adalah pujian manusia kepada Allah Swt. Melalui dua hal tersebut maka manusia akan selalu ingat kepada Allah Swt. Merasa dilihat sehingga semua gerak hati dan amalan akan sesuai dengan perintah-Nya. Sebagaimana dalam QS. Al-Mukmin ayat 60 =

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya :  Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Tentang perintah berdzikir Allah SWT perintahkan dalam QS. Al-Ahzab ayat 41-42 =

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اذْكُرُوا اللّٰهَ ذِكْرًا كَثِيْرًاۙ وَّسَبِّحُوْهُ بُكْرَةً وَّاَصِيْلًا

Artinya : “ Wahai orang-orang yang beriman, ingatlah Allah dengan zikir sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.”

Ramadan adalah waktu yang sangat mustajab ketika kita berdoa, memohon kepada Allah SWT, jangan pernah kita lewatkan hari-hari Ramadan dengan doa dan dzikir kepada Allah SWT.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Yang ketiga adalah meninggalkan kemusyikan, Aqidah sangat penting dalam memegang erat ke-islaman. Menduakan Allah Swt, percaya ada yang lebih hebat, percaya ada yang lebih menentukan hidup selain dari Allah Swt adalah ciri-ciri syirik. Allah SWT berfirman :

Artinya :”  (Ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, saat dia menasihatinya, “Wahai anakku, janganlah mempersekutukan Allah! Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) itu benar-benar kezaliman yang besar.”

Ramadan adalah bulan dimana syetan-syetan  dibelenggu oleh sebab itu maka Bulan suci ini betul-betul kita sadari sebagai bulan tarbiyah atau pendidikan untuk semua hajad dan ibadah hanya kepada Allah SWT.

Selanjutnya keempat rajin menghadiri Majelis ta’lim, Dengan selalu hadir di majelis Ta’lim atau ilmu akan memberikan atmosfer kebaikan. Semangat untuk mencari ilmu dan menerapkan dalam amalan. Dan juga tergabung dalam lingkungan yang selalu siap untuk saling menasehati dan saling memberikan motivasi serta jalan keluar. Dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” (HR. Muslim, no. 2699)

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Selanjtnya kelima adalah menaburkan dan menyuburkan kasih sayang sesama, Hati yang beriman akan selalu menebarkan kasih sayang kepada semua makhluk. Tetapi juga sanggup berani untuk tegas kepada semua hal kemungkaran yang dilarang  Allah Swt. Rasulullah saw kepada umatnya. Sabda beliau:

خَيْرُ الناسِ أَنفَعُهُم لِلنَّاسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (Hadits Riwayat ath-Ahmad)

Kemudian yang terkahir adalah menghidupkan amalan-amalan sunah, dalam sebuah hadits Nabi SAW :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya : “Barang siapa yang puasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”  (HR. Bukhari no. 2014)

Diantaranya banyaknya amalan sunah Ramadhan adalah sholat Tarawih, maka kita harus tingkatkan semua amalan-amalan Ramadhan  baik yang wajib atau sunah karena semua nya akan mendapatkan pahala berlipat dan semua akan kembali kemanfaatannya bagi kita baik didunia terlebih diakhirat.

Jamaah Jumat Rahimakumullah.

Demikian beberapa ikhtiar yang kita usahakan untuk tetap istiqomah dalam ibadah sampai akhir Ramadan, semoga Allah SWT berikan Kesehatan dan kekuatan kepada kita untuk bertahan dan meningkatkan stamina fisik dan jiwa  hingga dapat meraih Taqwa, aamiin.

بارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاٰيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

 Khutbah 2

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَلآَهُ أَمَّا بَعْدُ,

فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَ اللَّهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Untuk membaca atau mencetak file khutbah jumat singkat bahasa Indonesia ini dalam bentuk PDF silahkan download melalui tautan berikut ini :


DOWNLOAD  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama