Teks Khutbah Jumat Singkat

Menghindari Sifat Dendam

Ustadz  Mudiyono, S.Pd.I

 

Khutbah Awal

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِىَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ, اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ, يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Puji dan syukur hanyalah milik Allah Subahanahu wa ta’ala atas pemberian nikmat-Nya kepada kita, sholawat serta salam  semoga senantiasa terlimpahkan kepada Uswah kita Nabi Besar Muahammad Shollallahu ‘Alaihi Wa Salam. Selanjutnya Khotib berwasiat dari mimbar yang mulia ini marilah kita tingkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Allah Subahanahu wa ta’ala.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Pada kesempatan yang mulia ini, khatib ingin menyampaikan khutbah tentang pentingnya menghindari sifat dendam. Dendam adalah perasaan marah atau benci yang disimpan dalam hati terhadap orang lain karena suatu kesalahan atau ketidakadilan yang telah dilakukan.

Hadirin yang Dirahmati Allah

Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّۤاءِ وَالضَّرَّۤاءِ وَالْكٰظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya : "Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan." (QS. Ali Imran: 134)

Ayat ini mengajarkan kepada kita untuk menahan amarah dan memaafkan kesalahan orang lain. Islam sangat menekankan pentingnya memaafkan dan melupakan dendam. Rasulullah SAW juga mengajarkan kita untuk tidak menyimpan dendam dalam hati. Beliau bersabda:

"Tidak halal bagi seorang Muslim untuk menjauhi saudaranya lebih dari tiga hari. Barangsiapa yang menjauhinya lebih dari tiga hari dan kemudian meninggal, maka ia akan masuk neraka." (HR. Abu Dawud)

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Dendam tidak hanya merusak hubungan antar sesama, tetapi juga merugikan diri kita sendiri. Sifat dendam akan membuat hati kita tidak tenang, pikiran menjadi gelisah, dan kehidupan kita tidak akan bahagia. Oleh karena itu, marilah kita berusaha untuk menghindari sifat dendam dan senantiasa memaafkan kesalahan orang lain.

Hadirin yang Dirahmati Allah

Ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk menghindari sifat dendam ini yaitu :

Pertama Menjaga Hati dan Pikiran, artinya Selalu berusaha untuk menjaga hati dan pikiran kita dari perasaan marah dan benci. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kesalahan. Kemudian Yang kedua Memaafkan dengan Ikhlas, Belajarlah untuk memaafkan kesalahan orang lain dengan ikhlas. Ingatlah bahwa memaafkan adalah salah satu sifat mulia yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Ketiga Berdoa kepada Allah: Selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan hati yang lapang dan kemampuan untuk memaafkan kesalahan orang lain. Keempat Mengambil Hikmah dari Setiap Kejadian: Setiap kejadian pasti memiliki hikmah. Cobalah untuk mengambil pelajaran dari setiap kesalahan dan kejadian yang kita alami. Bahaya sifat dendam kelima adalah Jauh dari Rahmat Allah SWT, bahwa Allah SWT tidak menyukai orang yang zalim. Seperti firman Allah SWT dalam surat Asy Syura ayat 40 :

وَجَزٰۤؤُا سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِّثْلُهَا ۚفَمَنْ عَفَا وَاَصْلَحَ فَاَجْرُهٗ عَلَى اللّٰهِ ۗاِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الظّٰلِمِيْنَ

 “Dan balasan suatu kejahatan ialah kejahatan yang serupa. Barangsiapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas tanggungan Allah. Dan Allah tidak menyukai orang orang yang zalim”. (QS Asy Syura : 40).

Surat Asy Syura ayat 40 mengajarkan manusia tidak menyimpan dendam, sebab Allah SWT sudah menjamin balasan dari tiap perbuatan umat-Nya. Menyimpan dendam tandanya tidak percaya pada rahmat Allah SWT dan termasuk ciri orang yang zalim. 

Hadirin Jamaah Jumat yang Berbahagia,

Marilah kita berusaha untuk menghindari sifat dendam dan senantiasa memaafkan kesalahan orang lain. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita hati yang lapang dan kemampuan untuk memaafkan. Aamiin. Marilah kita berdoa kepada Allah SWT, memohon ampunan-Nya dan meminta pertolongan-Nya agar kita senantiasa dijauhkan dari sifat dendam dan diberikan hati yang lapang untuk memaafkan kesalahan orang lain.

بارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاٰيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Khutbah 2

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَلآَهُ أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَ اللَّهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

 وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

Untuk membaca atau mencetak file khutbah jumat singkat bahasa Indonesia ini dalam bentuk PDF silahkan download melalui tautan berikut ini :


DOWNLOAD  


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama