Teks Khutbah Jumat Singkat

Menghindari Minuman Keras

Ustadz  Mudiyono, S.Pd.I

 

Khutbah Awal

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِىَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ, اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ, يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Puji dan syukur hanyalah milik Allah Subahanahu wa ta’ala atas pemberian nikmat-Nya kepada kita, sholawat serta salam  semoga senantiasa terlimpahkan kepada Uswah kita Nabi Besar Muhammad Shollallahu ‘Alaihi Wa Salam.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Pada kesempatan yang mulia ini, marilah kita bersama-sama meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Salah satu hal yang harus kita jauhi sebagai umat Muslim adalah minuman keras atau miras. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Maidah ayat 90:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan anak panah, adalah termasuk perbuatan keji dari perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan."

Hadirin yang dirahmati Allah,

Ayat ini dengan tegas melarang kita untuk mendekati minuman keras. Minuman keras bukan hanya merusak kesehatan fisik kita, tetapi juga merusak akhlak dan perilaku kita. Banyak kejahatan dan kerusakan yang terjadi karena pengaruh minuman keras.

Hadirin yang berbahagia,

Marilah kita senantiasa menjaga diri dan keluarga kita dari bahaya minuman keras. Selain itu, kita juga harus peduli terhadap lingkungan sekitar kita. Apabila kita mengetahui ada saudara kita yang terjerumus dalam kebiasaan meminum miras, marilah kita ajak dan bimbing mereka untuk kembali ke jalan yang benar. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits:

كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ وَكُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ

Artinya: "Setiap yang memabukkan adalah haram, dan setiap yang memabukkan adalah khamar." (HR. Muslim)

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Khamr bukan hanya merusak kesehatan fisik kita, tetapi juga merusak akhlak dan perilaku kita. Oleh karena itu, kita harus mengetahui cara-cara yang efektif untuk menjauhi minuman keras tersebut diantaranya adalah :

Pertama, Menjaga Iman dan Ketakwaan, Dengan memperkuat iman dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, kita akan lebih mudah menjauhi hal-hal yang dilarang oleh-Nya. Rajinlah beribadah, membaca Al-Qur'an, dan mengikuti majelis ilmu untuk meningkatkan keimanan kita, mendirikan sholat dengan istiqomah, Allah SWT berfirman dalam Al-qur’an Surat Al-Ankabut ayat 45 :

اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

Artinya :” Bacalah (Nabi Muhammad) Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu dan tegakkanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Sungguh, mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya daripada ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Jamaah Jumat Rohimakulullah.

Kemudian Cara Kedua untuk menghindari khomr adalah Memilih Lingkungan yang Baik, Rasulullah SAW bersabda: "Perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin memberikanmu minyak wangi, atau kamu membeli darinya, atau kamu mendapatinya berbau harum. Sedangkan pandai besi mungkin membakar pakaianmu, atau kamu mendapatinya berbau busuk." (HR. Bukhari dan Muslim).

Lingkungan memiliki pengaruh besar terhadap perilaku kita. Carilah lingkungan yang baik dan hindarilah pergaulan dengan orang-orang yang suka mengkonsumsi khamr. Bersahabatlah dengan orang-orang yang bisa membawa kita ke arah yang lebih baik.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Kemudian Ketiga adalah Mengisi Waktu dengan Kegiatan Positif, Kebosanan sering kali menjadi alasan seseorang untuk mencoba hal-hal yang negatif. Isi waktu luang kita dengan kegiatan positif seperti olahraga, hobi yang bermanfaat, dan kegiatan sosial yang membangun. Keempat Menjauhi Tempat-Tempat yang Menyediakan Khamr, Hindarilah tempat-tempat yang menyediakan atau menjual minuman keras, seperti bar, klub malam, dan sejenisnya. Dengan menjauhi tempat-tempat tersebut, kita akan lebih mudah untuk tidak terpengaruh.

 

Jamaah Jumat Rahimakulllah

Cara selanjutnya untuk menghindari miras adalah Mencari Dukungan dari Keluarga dan Teman, Dukungan dari keluarga dan teman sangat penting dalam usaha kita untuk menjauhi khamr. Berbicaralah dengan mereka tentang niat kita untuk berhenti atau menjauhi khamr, dan mintalah dukungan serta dorongan mereka. Lalu Keenam, Memohon Pertolongan Allah SWT. Selalu mohonlah pertolongan dan kekuatan kepada Allah SWT untuk menjauhi segala larangan-Nya. Berdoalah agar kita dijauhkan dari godaan dan diberikan kekuatan untuk tetap teguh di jalan-Nya.

Jamaah Jumat Rahimakulllah

Semoga kita semua dijauhkan dari perbuatan yang dimurkai Allah dan senantiasa diberi petunjuk serta hidayah-Nya untuk selalu berada di jalan yang lurus. Aamiin.

بارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاٰيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Khutbah 2

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَلآَهُ أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَ اللَّهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ


Untuk membaca atau mencetak file khutbah jumat singkat bahasa Indonesia ini dalam bentuk PDF silahkan download melalui tautan berikut ini :


DOWNLOAD  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama