Teks Khutbah Jumat Singkat

Ciri-ciri Orang Bertaqwa

Ustadz  Mudiyono, S.Pd.I

 

Khutbah Awal

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِىَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ, اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ, يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Puji dan syukur hanyalah milik Allah Subahanahu wa ta’ala atas berbagai nikmat-Nya kepada kita, selanjutnya sholawat serta salam  semoga senantiasa terlimpahkan kepada Uswah kita Nabi Besar Muhammad Shollallahu ‘Alaihi Wa Salam.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Marilah kita selalu meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya taqwa. Hanya dengan ketaqwaan yang hakiki kita akan memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat. Pada kesempatan yang mulia ini, khatib ingin mengingatkan diri sendiri dan jamaah sekalian tentang ciri-ciri orang yang bertaqwa, agar kita semua bisa berusaha untuk mencapainya dan menjaga diri dalam ketaqwaan. Ciri Taqwa Pertama adalah Beriman kepada Allah SWT dan Hari Akhir.

Ciri pertama dari orang yang bertaqwa adalah keimanan yang kuat kepada Allah SWT dan hari akhir. Sebagaimana  Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 2-3:

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ ۙ

Artinya : "Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka." (QS. Al-Baqarah:23)

Iman kepada Allah SWT dan hari akhir adalah pondasi utama bagi seorang mukmin. Orang yang bertaqwa yakin bahwa kehidupan dunia ini adalah sementara, dan kehidupan yang kekal adalah di akhirat. Oleh karena itu, mereka selalu berusaha melakukan amal kebaikan sebagai bekal di akhirat kelak.

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah

Ciri Kedua orang Taqwa adalah Menjaga Shalat

Shalat adalah tiang agama, dan orang yang bertaqwa selalu menjaga shalatnya dengan khusyuk dan tepat waktu. Shalat bukan hanya sekedar kewajiban, tetapi juga bentuk komunikasi dan penghambaan diri kepada Allah SWT . Dalam Al-Qur’an Surah Al-Mu’minun ayat 1-2, Allah SWT berfirman:

قَدْ اَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ ۙ الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلَاتِهِمْ خٰشِعُوْنَ

"Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) mereka yang khusyuk dalam shalatnya." (QS. Al-Mu’minun: 1-2)

Menjaga shalat dengan khusyuk akan menjauhkan kita dari perbuatan keji dan mungkar, maka akan semakin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

 

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah

Ciri Taqwa Ketiga adalah  Gemar Bersedekah

Gemar bersedekah dan membantu sesama merupakan ciri dari orang yang bertaqwa,  Dalam Surah Al-Baqarah ayat 261 Allah SWT berfirman:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya :”  Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti (orang-orang yang menabur) sebutir biji (benih) yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui.” ( QS.Al-Baqoroh ayat 261 )

Orang yang bertaqwa selalu berbagi rezeki dengan ikhlas, bukan karena pamer atau ingin dipuji, tetapi semata-mata untuk meraih ridha Allah SWT.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Ciri Taqwa keempat yaitu Menahan Amarah dan Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Orang yang bertaqwa mampu menahan amarahnya dan senantiasa memaafkan kesalahan orang lain. Allah SWT berfirman dalam Surah Ali Imran ayat 133-134:

وَسَارِعُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُۙ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَۙ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّۤاءِ وَالضَّرَّۤاءِ وَالْكٰظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya : "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya serta memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan." (QS. Ali Imran: 133-134)

Sikap memaafkan dan menahan amarah adalah cerminan dari kebesaran hati dan keikhlasan yang tinggi, yang hanya bisa dimiliki oleh orang-orang yang bertaqwa.

 Jamaah Jumat Rahimakumullah

Ciri Taqwa kelima adalah Bersungguh-sungguh dalam Menjalankan Perintah Allah dan Menjauhi Larangan-Nya

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Haj ayat 78 :

وَجَاهِدُوْا فِى اللّٰهِ حَقَّ جِهَادِهٖۗ

Artinya : "Dan berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya.." (QS. Al-Hajj: 78)

Orang yang bertaqwa selalu berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Mereka tidak hanya taat pada saat ada yang melihat, tetapi juga saat sendirian. Ketaatan yang murni inilah yang menjadi bukti ketaqwaan yang sejati.

 Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah,

Itulah beberapa ciri-ciri orang yang bertaqwa. Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang bertaqwa, yang selalu berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan amalan-amalan yang baik dan selalu menghindari perbuatan yang buruk.

Semoga kita semua senantiasa diberi kekuatan untuk terus istiqamah di jalan-Nya, dilapangkan rezeki kita, dan dijauhkan dari segala keburukan dunia maupun akhirat.

بارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاٰيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Khutbah 2

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَلآَهُ أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَ اللَّهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

Untuk membaca atau mencetak file khutbah jumat singkat bahasa Indonesia ini dalam bentuk PDF silahkan download melalui tautan berikut ini :


DOWNLOAD  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama