Teks Khutbah Jumat Singkat

Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan

Ustadz  Mudiyono, S.Pd.I

 

Khutbah Awal

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِىَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ, اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ, يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Puji dan syukur hanyalah milik Allah Subahanahu wa ta’ala atas pemberian nikmat-Nya kepada kita, sholawat serta salam  semoga senantiasa terlimpahkan kepada Uswah kita Nabi Besar Muahammad Shollallahu ‘Alaihi Wa Salam. Selanjutnya Khotib berwasiat dari mimbar yang mulia ini marilah kita tingkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Allah Subahanahu wa ta’ala.

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Pada kesempatan yang penuh berkah ini, marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya takwa, karena hanya dengan ketakwaan kita akan meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.

Pada bulan Agustus ini, bangsa Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-79. Kemerdekaan adalah nikmat yang sangat besar dari Allah SWT yang patut kita syukuri. Nikmat kemerdekaan memberikan kita kebebasan untuk menjalankan kehidupan sesuai dengan ajaran agama dan keyakinan kita tanpa tekanan atau ancaman dari pihak manapun. Beberapa Syukur yang kita lakukan diantaranya adalah:

 

Pertama, Mari Kita Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan Ini.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.'" (QS. Ibrahim:7)

Mensyukuri nikmat kemerdekaan dapat kita lakukan dengan berbagai cara, di antaranya adalah dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kita harus senantiasa mengingat bahwa kemerdekaan yang kita nikmati saat ini adalah hasil perjuangan para pahlawan kita yang rela mengorbankan jiwa dan raga demi tercapainya kemerdekaan. Oleh karena itu, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah bentuk syukur kita kepada Allah SWT dan penghargaan kita kepada para pahlawan.

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Kedua, Mengisi Kemerdekaan dengan Hal-hal yang Positif.

Sebagai generasi penerus bangsa, kita mempunyai tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif. Rasulullah SAW bersabda:

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain." (HR. Ahmad)

Mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti meningkatkan pendidikan, memperbaiki ekonomi, menjaga lingkungan, dan saling membantu dalam kebaikan adalah bentuk syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat kemerdekaan ini.

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Ketiga, Menjaga Kemerdekaan dengan Ketakwaan dan Akhlak Mulia.

Kemerdekaan yang kita miliki harus dijaga dengan ketakwaan dan akhlak mulia. Hanya dengan ketakwaan, kita akan terhindar dari segala bentuk keburukan yang dapat merusak bangsa dan negara. Sebagaimana firman Allah SWT:

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّه مَخْرَجًا

Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar." (QS. At-Talaq: 2)

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah,

Marilah kita jadikan peringatan Hari Kemerdekaan ini sebagai momentum untuk meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Mari kita berdoa agar negara kita selalu dalam lindungan-Nya, diberi keberkahan, keamanan, dan kesejahteraan.

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Marilah kita memohon kepada Allah agar diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menjaga dan mengisi kemerdekaan ini. Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang bersyukur dan mendapatkan ridha-Nya.

Semoga kita diberi kekuatan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa kami. Dijauhkan dari segala bentuk perpecahan dan keburukan. diberikan keberkahan kepada bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini, aamiin yaa robbal’alamiin.

بارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاٰيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Khutbah 2

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَلآَهُ أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَ اللَّهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

Untuk membaca atau mencetak file khutbah jumat singkat bahasa Indonesia ini dalam bentuk PDF silahkan download melalui tautan berikut ini :


DOWNLOAD  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama