Teks Khutbah Jumat Singkat

Spirit HUT RI Ke-79

Ustadz  Mudiyono, S.Pd.I

 

Khutbah Awal

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِىَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ, اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ, يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Puji dan syukur hanyalah milik Allah Subahanahu wa ta’ala atas pemberian nikmat-Nya kepada kita, sholawat serta salam  semoga senantiasa terlimpahkan kepada Uswah kita Nabi Besar Muahammad Shollallahu ‘Alaihi Wa Salam. Selanjutnya Khotib berwasiat dari mimbar yang mulia ini marilah kita tingkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Allah Subahanahu wa ta’ala.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kita berkumpul untuk melaksanakan shalat Jumat kurang satu hari lagi kita akan merayakan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79. Ini adalah momentum yang sangat penting bagi kita sebagai bangsa Indonesia untuk merenungi makna kemerdekaan dan tanggung jawab kita sebagai umat Muslim dalam mengisi kemerdekaan ini dengan kebaikan dan amal shaleh.

Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini adalah hasil dari perjuangan panjang para pahlawan kita, yang mengorbankan jiwa dan raga demi terwujudnya kebebasan dari penjajahan. Sebagai umat Islam, kita memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan ini dengan nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran Islam, seperti keadilan, kejujuran, dan persatuan.

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah,

Di dalam Al-Qur'an Surat Ali Imran ayat 103 Allah SWT berfirman:

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْاۖ وَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءً فَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖٓ اِخْوَانًاۚ

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara.” (QS. Ali 'Imran: 103)

Ayat ini mengingatkan kita betapa pentingnya persatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemerdekaan yang kita capai tidak akan bertahan jika kita sebagai rakyat Indonesia, khususnya umat Islam, tidak menjaga persatuan dan kesatuan di antara kita. Oleh karena itu, di tengah perayaan HUT RI yang ke-79 ini, marilah kita perkokoh tali persaudaraan dan persatuan, /dengan tetap berpegang teguh pada ajaran agama dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara kita. Rasulullah SAW juga bersabda: "Mukmin yang satu dengan yang lain ibarat satu bangunan, yang bagian-bagiannya saling menguatkan." (HR. Bukhari dan Muslim)

Jamaah Jumat yang dirahmati Allah,

Dalam menjalani kehidupan sebagai warga negara yang baik, kita juga diingatkan untuk senantiasa meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW, seperti amanah, adil, dan mencintai sesama. Dengan mengamalkan sifat-sifat ini, insyaAllah kita akan mampu berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara kita menjadi lebih baik.

Sebagai umat Islam, marilah kita juga mengingat bahwa kemerdekaan ini adalah anugerah dari Allah SWT yang harus kita syukuri dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada-Nya. Dengan demikian, kita akan selalu diberkahi dalam setiap langkah kita dalam mengisi kemerdekaan ini.

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah,

Marilah kita berdoa kepada Allah SWT, agar bangsa dan negara kita senantiasa diberikan keberkahan, keamanan, dan kesejahteraan. Semoga Allah SWT selalu membimbing para pemimpin kita untuk senantiasa berlaku adil dan bijaksana dalam memimpin negeri ini, serta memberikan kekuatan dan kesabaran kepada seluruh rakyat Indonesia dalam menghadapi segala tantangan dan ujian. Menjaga Islam ini agar tetap kokoh Bersatu padu, Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an :

وَاِنَّ هٰذِهٖٓ اُمَّتُكُمْ اُمَّةً وَّاحِدَةً وَّاَنَا۠ رَبُّكُمْ فَاتَّقُوْنِ

Artinya : “  Sesungguhnya (agama tauhid) inilah agama kamu, agama yang satu, dan Akulah Tuhanmu. Maka, bertakwalah kepada-Ku.”( QS. Al-Mu’minun ayat 52 )

Kita juga berdoa agar Allah SWT menerima amal ibadah kita dan menjadikan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang selalu bersyukur atas nikmat-Nya, serta mampu menjaga amanah kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai umat yang menjaga persatuan dan kesatuan dalam menjalin komunikasi sebagai warga negara yang baik, dan Umat Islam sebagai umat yang kokoh bersatu padu, Aamiiin yaa rabbal ‘alamiin.

بارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاٰيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

 

Khutbah 2

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَلآَهُ أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَ اللَّهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

Untuk membaca atau mencetak file khutbah jumat singkat bahasa Indonesia ini dalam bentuk PDF silahkan download melalui tautan berikut ini :


DOWNLOAD  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama